Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 13 November 2010

Bunga-Bunga Mimpi Warga Aibura

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Kadang untuk mendapatkan hak sebagai warga negara yang menikmati pembangunan terasa susah. Seperti masyarakat di Desa Aibura, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka yang bertahun-tahun hidup ditengah kondisi ruas jalan yang rusak parah. Ruas badan jalan disini secara keseluruhan seperti yang kami lihat memang tak layak untuk dilintasi. Lubang jalan dan batu-batu berserakan menghiasi badan jalan. Kondisi ini makin parah saat musim hujan. Tak ada usaha untuk perbaikan jalan dari pemerintah. Karena itu masyarakat Aibura hanya bisa pasrah. Menurut mereka jalan mulus hanyalah mimpi penduduk Aibura. Aneh memang. Pemerataan pembangunan jalan sama sekali tak menyentuh desa penghasil komoditi perkebunan ini. “Sudah berkali-kali kami meminta lewat dewan yang setiap tahun berkunjung kesini, tapi tak ada realisisasinya hingga sekarang untuk perbaikan,” ujar Hendrikus, warga Biket, Aibura.

Seingat Hendrikus, pembangunan jalan aspal di Desa Aibura ini dimulai sejak tahun 1999. Namun setelah itu tak ada peningkatan seperti perbaikan badan jalan yang mulai rusak. Dari tahun ke tahun kondisi semakin buruk. Dan akhirnya rusak parah seperti terlihat sekarang.

Kondisi topografi Desa Aibura seperti pula desa tetangganya Kloangrotat berbukit dengan pemandangan indah ke laut lepas. Kedua daerah berhawa dingin ini terkenal sebagai daerah penghasil komoditi terdepan perkebunan seperti cengkeh, kemiri, cokelat, vanilli, kelapa, dan lain-lain. Tapi masyarakat Kloangrotat lebih beruntung karena akses menuju ketempatnya lebih baik. Aspal jalan di lintasannya mulus. Sedang warga Aibura tak menikmati itu. Jalan yang rusak dan tak layak dilintasi sejauh kira-kira 7 Km dari pertigaan Lakakokat menuju Kubit, Mudung hingga Pouhura, dibiarkan begitu saja.

“Setiap ada pembanguan jalan, daerah Pogon, Kloangrotat saja yang kebagian kuenya dan kami hanya jadi penonton,” ujra Hendrik.

Masyarakat Aibura, jelas Hendrik, sangat berharap, bahwa Pemda Sikka juga memperhatikan daerah mereka. “Tak banyak, kami hanya meminta agar ruas jalan ini segera diperbaiki, dipermulus. Transportasi disini adalah jantung bagi kami. Daerah disini penghasil komoditi perkebunan jadi aneh kalau jantung transportasi seperti jalan sama sekali tak diperhatikan oleh pemerintah,”

Desa Aibura terletak dalam wilayah kecamatan Waigete. Lebih dari 2000 penduduk mendiami desa ini. Desa Aibura bertetangga dengan Kloangrotat dimana 15 warga kedua desa ini menjadi korban dalam petaka tenggelamnya KM Tersanjung sebulan lalu.

Masyarakat Kloangrotat dan Pogon jelas lebih beruntung. Warga di desa ini sudah menikmati jalan mulus. Listrik pun sudah menjamah kehidupan mereka, berbeda dengan Aibura yang masih gelap gulita tanpa listrik.

Jalan mulus menuju Kloangrotat akan melintasi rumah keluarga Bupati Sikka Sosimus Mitan yang berada di Desa Kebot. Jalan mulus menuju Kloangrotat akan berakhir di Pouhura. Setelah itu memasuki wilayah Desa Aibura dengan kondisi jalan yang tak layak untuk dilintasi.

Tentu saja harapan warga Aibura untuk mendapat dan menikmati pembangunan khususnya hak untuk menikmati enaknya berkendaraan diatas badan jalan nan mulus bisa terlaksana. Sehingga bukan lagi sekedar bunga-bunga mimpi penghias tidur semata. Rakyat di Aibura sama seperti warga Indonesia lainnya berhak untuk diperhatikan oleh pemerintah daerahnya. Bukankah desa ini adalah daerah penghasil komoditi perkebunan? Lagian slogan “Membangun Mulai Dari Desa” masih terngiang-ngiang di telinga warga Aibura. (Oss)

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Bunga-Bunga Mimpi Warga Aibura | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---