Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Monday 12 August 2013

Meletus Lagi, Rokatenda

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Rokatenda, Gunung Berapi aktif yang berada di Pulau Palue, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, NTT meletus lagi, Sabtu (10/11). Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 wita dan menjadi letusan paling dahsyat dibanding letusan yang pernah terjadi. Semburan debu panas mencapai enam desa namun yang terkena dampak paling dahsyat mencakup dua desa yakni Desa Rokirole dan Nitung. Di kedua desa ini Rokatenda memuntahkan lahar panas dan mengancam keselamatan warga setempat. Selain lahar panas, semburannya juga mengakibatkan awan panas menaungi udara dikedua desa tersebut. Akibat letusan yang terjadi, tiga orang tewas dan dua lainnya hilang. Ketiga korban tewas telah dikuburkan, Sabtu sore sekitar pukul 17.00 wita di Cawalo, Rokirole, Palue.

Ketiga mayat ditemukan dalam keadaan memrpihatinkan karena kondisi yang sangat buruk. Korban letusan Rokatenda ini terlihat gosong alias menjadi hitam arang. Lahar panas menyapu mereka ketika asik beristirahat usai melaut di sebuah pondok. Penemuan ketiga korban karena bagian tubuhnya bisa dilihat sehingga mudah untuk diketahui. Sedangkan dua lainnya yang masih berusuia bocah yakni Lengga (5) dan Nong Pio alias Nong Ririn (8) belum ditemukan.
Rokatenda hampir setahun ini terus meletus dan memaksa sebagian penduduknya mengungsi. Sedangkan sebagian lainnya memilih tetap menetap. Letusan yang terjadi agustus 2013 ini menurut warga setempat merupakan letusan paling dahsyat.

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Meletus Lagi, Rokatenda | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---