Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 25 January 2014

Cuaca Memburuk, Nelayan Tak Melaut

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Akibat cuaca yang tidak menentu, sejumlah nelayan di oesisir Kabupaten Sikka memarkirkan perahu penangkap ikan mereka. Akibatnya warga Maumere kesulitan mendapatkan ikan segar. Sehingga untuk mememnuhi kebutuhan lauk pauk, masyarakat mengakali dengan menyantap lauk pengganti ikan seperti telur, mi instant maupun ikan kering. Seperti dalam pantuannya kami, perahu-perahu nelayan diparkir menepi ke daratan setelah angin disertai gelombang laut terus menghardik Laut Flores dan Sawu. Alhasil para nelayan membanting stir dengan bekerja sambilan lain sambil menunggu cuaca meredah. Ada yang memperbaiki perahu mereka, ada pula yang memperbaiki jala maupun alat-alat penangkap ikan.

Cuaca yang memburuk ini telah berlangsung sepekan lebih. Ketinggian ombak akibat intensitas angin mengurungkan niat para nelayan. Harga ikan melambung. Ikan segar yang dijual semakin langkah.
Dipasar-pasar tradsiional seperti Pasar Alok, Pasar Baru, Pasar Wirung maupun lainnya, tak banyak yang mendagangkan ikan segar. Banyak los yang kosong. Harga ikan makin mahal sedangkan jumlah ikan tak sebanding harganya. Akibatnya warga Maumere membanting stir mengkomsumsi lauk pengganti ikan. Cuaca yang memburuk ini banyak diharapkan agar segera berlalu.
Cuaca angin kencang disertai gelombang tinggi juga mengakibatkan sebuah kapal motor penumpang jurusan Palue-Maumere terombang-ambing di Sada Watu Manuk. Kemudi patah dan mesin mati. Untungnya situasi sulit tersebut bisa dikendalikan kembali oleh awak kapal sehingga mampu melanjutkan perjalanan ke Maumere.

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Cuaca Memburuk, Nelayan Tak Melaut | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---