Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 4 September 2010

Kabupaten Sikka

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Maumere adalah ibukota Kabupaten Sikka. Maumere terletak di pesisir utara Flores yang langsung menghadap ke Laut Flores. Kabupaten Sikka adalah salah satu kabupaten dari 9 kabupaten yang ada di Flores. Flores termasuk dalam wilayah propinsi NTT. Saat ini Kabupaten Sikka dipimpin oleh Bupati Sosimus Mitang dan Wakil Bupati Wera Damianus (2008-2013). Maumere pernah dihajar gempa tsunami tahun 1992 dalam petaka Gempa Tsunami Flores 92. Hampir 2000 orang tewas. Kota Maumere bisa didatangi baik lewat udara (Bandara Frans Seda) maupun lewat laut (Pelabuhan L.Say). Bisa juga melalui darat, dengan melakukan perjalanan dari Jawa terus ke Bali lanjut ke Lombok terus ke Bima dan sampai di Flores.

Kabupaten Sikka memiliki potensi wisata yang banyak dan dapat diandalkan. Dari wisata alam sampai dengan wisata budaya dan rohani. Banyak pantai-pantai yang menarik di Kabupaten Sikka seperti Pantai Doreng, Pantai Koka, Pantai Kajuwulu dan Tanjung, Pantai Paga, Pantai Wairterang dan beberapa lagi lainnya. Juga wisata alam yang sebenarnya elok dan mengundang kita untuk menikmatinya. Kalau dimaksimalkan, dengan beberapa wilayah lain di Flores, kabupaten ini bisa menjadi pilihan alternatif selain Bali dan Lombok. Tapi, keberadaan tempat-tempat elok ini tak didukung secara maksimal oleh dinas terkait. Buktinya Maumere sampai dengan saat ini tetap dijadikan kota transit oleh wisatawan. Fasilitas pendukung sangat minim sekali. Banyak lokasi objek wisata yang harus ditempuh dengan jalan rusak dan medan yang berat.

Beberapa potensi wisata yang ada di daerah ini antara lain Koka Beach, Paga Beach, Doreng Beach, Wisata ke Gunung Egon, Air Terjun Kembar, Watu Cruz, Pantai Pemana, Danau Semparong, Nuabari , Museum Blikon Blewut, Patung Kristus Raja, Logu Senhor, Gua Maria Fatima Lela, Waiara, Patung Maria di Nilo dan masih sangat banyak lagi. Belum lagi kain tenun ikat yang menawan dan sejumlah tarian daerah.

Pantai Maumere terkenal bersih dan jernih. Pantai-pantai didalam kota saja bisa dijadikan sarana untuk menikmati waktu. Bahkan jika ada niat, bisa melakukan aktifitas mancing di pesisir pantainya. Banyak pemancing yang setiap sore hingga malam memancing disekitar pantai kota. Mereka hanyalah nelayan paruh waktu hehehe bukanlah nelayan sesungguhnya.

Di Maumere terdapat sejumlah hotel dan penginapan yang memadai. Ada yang ditepi pantai seperti Hotel Wailiti, ada juga di tengah kota. Ada pula pub dan bar yang bertebaran di tengah dan pinggiran kota. Juga warung-warung makan dari kelas warteg hingga restoran dengan pilihan menu beragam.

Di Wisata Alam Laut Gugus Teluk Maumere disediakan snorkling dan diving. Keindahan bawah laut Maumere pernah menjadi pembicaraan dunia saat Sao Wisata menggelar Lomba Menyelam Tingkat Dunia di Gugus Teluk Maumere. Sayang, tsunami memporakporandakan semua habitat dan keindahan terumbu karangnya. Padahal taman laut disini tak kalah jauh dengan keindahan taman laut di Bunaken dan daerah lain.

Maumere memang hanya kota kecil. Jika Anda kesini jangan berharap lebih seperti di kota besar lainnya. Seperti pusat-pusat perbelanjaan yang serba mewah. Di Maumere hanya ada satu mall bernama Barata, Toko Buku Gramedia dan ikan bakar gurih nan nikmat plus se-sloki moke yang siap dipesan karena dijajakan setiap malam dipinggiran jalan.:-)

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Kabupaten Sikka | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---