Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Sunday 4 September 2011

Bangun Jalan Rabat Lewat Kalimati

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Warga Dusun Wololma, Desa Mekendetung, Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka akan membangun jalan rabat menyusuri bantararan kali mati di dusun tersebut. Kepala Desa Mekendetung, Maria Felingonda kepada wartawan di kantor desanya, jumad (2/4/2011) menyatakan mendukung jika jalan rabat dibangun menyusuri kali mati. Pasalnya jalan di kali mati itu tidak bermasalah. “Saya lebih setuju bangnan jalan rabat disepanjang kali mati saja. Tanah itu sudah bertahun-tahun digunakan dan tidak bermasalah. Sedangkan yang sekarang, salah satu warga kebetulan adik saya, tidak rela puluhan tanaman perdagangan dibabat habis,” kata Maria. Penegasan Maria itu sekaligus klarifikasi tuduhan masyarakat bahwa kepala desa tidak merelakan tanahnya untuk membangun jalan rabat.

Maria menyatakan bukan dia pemilik tanah. Yang memiliki tanah adalah adiknya bernama Ance.
Sebagai kepala pemerintahan, kata Maria, dia tidak bisa memaksa adiknya merelakan lahannya digusur buat jalan rabat.

“Ance adik saya yang punya tanah. Saya sebagai pemerintah menghormati sikapnya menolak. Dia juga masyarakat saya. Saya hormati dia sebagai anggota masyarakat dan tetap mendengarkan keluhannya,” kata Maria.

Maria menambahkan pemerintah desa mendukung penggusuran lahan untuk jalan umum. Tapi karena belum semua masyarakat setuju, maka dia tidak mengizinkan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi persoalan dikemudian hari. “Masyarakat perlu mengerti itu. Kalau lewat jalan utama yang selama ini sering dipakai Ance setuju,” kata Maria.

Beberapa warga yang ditemui flores star di bantaraan kali mati itu mengungkapkan pada musim kali mati itu biasanya mengalami banjir. Seperti terlihat saat itu, kali mati itu penuh dengan rerumputan dan material pasir. (flores star)

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Bangun Jalan Rabat Lewat Kalimati | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---