Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Friday 13 September 2013

Pemburu Siput di Pulau Besar

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Ada hal yang unik dilakukan warga pesisir di Pulau Besar. Yakni mencari siput pantai. Siput tersebut ditangkap dan kemudian dijual kepada para engkulak. Seperti dilakukan Moa Badi. Kami bertemu orang kampung sederhana ini ketika usai menikmati sunset. Beliau yang mengenakan pakaian usang berjalan pelan mencari lobang siput yang tersebar di pesisir. Ditangannya ia menenteng ember. Rupanya isi dalam ember tersebut adalah umpan untuk menjebak siput. Umpan tersebut terbuat dari ampas parutan kelapa. Ampas sisa kelapa tadi kemudian disebar disejumlah lobang-lobang siput. Kami memperhatikan dengan seksama. Kesannya ini adalah pekerjaan sia-sia dan perlu kesabaran. Setelah menyebar ampas kelapa, Moat Badi lantas berisitirahat. "Tunggu sampai 3-4 jam baru panen siput," katanya kepada kami.

Maka ketika malam menyapa, kami tak sabar menunggunya di pesisir. Ia bersama 3 orang anaknya lantas muncul dari kegelapan. Panen siput akan dimulai.Kami mulai degan lobang pertama. Sungguh. Pekerjaan yang kami katakan butuh kesabaran tersebut membuahkan hasil ketika puluhan siput bersama penghuninya keluar dari lobang dan menyebar disekitar area.

Dengan penuh semangat kami lantas memungut siput-siput kecil tersebut. Dan lobang berikutnya menyusul kedalam hutan pantai. Moat Badi mengomandani peburuan. Lobang demi lobang yang telah diberi jebakan ampas kelapa menghasilkan banyak siput. Ember meluap, Panen malam ini sangat berkesan. Sebuah kearifan lokal yang sangat sederhana ditengah beribu macam aneka modernisasi yang mewabah di jaman ini, masih dipelihara.

Siput-siput tersebut lantas dibawah kerumah dan dikumpoulkan dalam karung. Karung tersebut mesti diberi lobang-lobang kecil agar penghuni siput mendapat oksigen.

Butuh beberapa hari, pembeli akan muncul dan mengorder siput tersebut sampai ludes. Ada jadwal tertentu bagi penjual dan pembeli sepakat bertransasksi.

Menurut Moat Badi, beberapa warga yang mendiami pulau kecil di perairan Flores ini juga pencari siput dengan cara yang sama.

Ya, ternyata di Pulau Besar banyak kesan. Selain panorama alamnya yang indah, rupanya kehidupan penduduknya juga beragam dan unik.

berburu siput
www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Pemburu Siput di Pulau Besar | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---