Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Monday 30 November 2015

Penenun Sikka Pecahkan Rekor MURI, Menyongsong FTM 2016

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Pecah Rekor MURI/Koleksi Disbudpar Sikka
Kabupaten Sikka, NTT berhasil menciptakan rekor menenun terbanyak di Indonesia. Tercatat ada 1.321 penenun berasal dari Lima Etnis Kabupaten Sikka.yang ikut gala tenun di halaman Kantor Bupati Sikka, Jalan Eltari. Museum Rekor Indonesia (MURI) turut hadir mencatat kegiatan tersebut sebagai rekor penenun terbanyak di Nusantara.

Pagelaran Tenun Ikat Sikka Serentak dan terbanyak diikuti gelaran Pemakai Busana Tenun Adat Sikka Terbanyak merupakan salah satu bagian dari berbagai kegiatan dalam rangka menyongsong kegatan akbar Festival Teluk Maumere 2016 yang diadakan Pemkab Sikka melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sikka..

Bupati Sikka, Drs. Yos Ansar Rera, saat menyampaikan sambutan di awal kegiatan mengatakan Tenun ikat Sikka bukan hanya selembar hasil kerajinan para perempuan Sikka dan tidak saja sebentuk buah karya peradaban warisan leluhur. Ia mengatakan Tenun ikat Sikka adalah juga sebuah karya filsafat.

"Sebagai misal motif “Dala Mawa Rani”, melambangkan Yang Transenden, yang dalam agama animistis lokal disapa hormat Ina Nian Tana Wawa Ama Lero Wulan Reta, yang dalam agama-agama wahyu disebut Tuhan," jelas Bupati.

Di samping itu, kain tenun ikat Sikka pun memiliki makna kultural sebagai mahar dalam adat perkawinan.

Ia pun digunakan sebagai tonggak penanda periodisasi perkembangan manusia, khususnya kaum perempuan. Ada sarung tenun ikat dengan bentuk dan gambar yang dipakaikan pada para gadis, ada yang diperuntukkan bagi wanita yang baru menikah, dan adapula khusus untuk perempuan sepuh. Maka boleh dikata, tenun ikat Sikka, adalah jiwa Kabupaten Sikka, demikian Bupati Ansar Rera.

Hadir dalam kegiatan akbar pemecaan rekor MURI tersebut yakni Ibu Hajah Mufidah Jusuf Kalla, Presiden ke-V Megawati Soekarnoputri bersama rombongan, Ibu-ibu Organisasi Aksi Era Kabinet Kerja, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Sikka, Anggota FORKOMPIMDA Sikka, Tim Musium Rekord Indonesia (MURI), Tim KATALIA Jakarta serta warga Kabupaten Sikka.

Rekor dari MURI utk Kabupaten Sikka diterima Bupati Ansar Rera

Fashion Show dengan busana Tenun Sikka

Gubernur NTT dan Ibu Mega, Ibu J. Kall dan Bupati Sikka

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Penenun Sikka Pecahkan Rekor MURI, Menyongsong FTM 2016 | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---