Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Wednesday 19 October 2011

Makan Hari Jumat, Mabuk Hari Sabtu

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Sebelas warga Desa Woloteran, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, muntah, mual dan mabuk berat usai mengonsumsi jamur beracun yang tumbuh di sekitar pohon kemiri yang tumbang di kebun warga setempat.
Belasan warga yang keracunan jamur itu mengonsumsi jamur pada siang dan malam hari, Jumat (14/10/2011) lalu. Namun reaksinya baru terasa hari Sabtu (15/10/2011) malam. Warga yang keracunan itu kini sedang dirawat intensif petugas RSUD TC Hillers Maumere dan Puskesmas Habi Bola, Kecamatan Doreng.
Informasi yang diperoleh Pos Kupang di RSUD Maumere, Minggu (16/10/2011) siang, jamur beracun yang ditemukan Oni, seorang warga Woloteran di kebunnya sebanyak satu kantong plastik. Jamur itu ditemukan saat ia berada di kebun, Jumat (14/10/2011) pagi. Jamur tersebut kemudian dibawanya ke rumah dan dikonsumsi beramai-ramai oleh tiga kepala keluarga (KK) yang berjumlah 11 orang.

Jamur beracun tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan air mentah, kemudian dimasak hingga airnya mendidih. Setelah air mendidih dicampur dengan kelapa dan airnya.


Setelah dicampur dengan bumbu lainnya, jamur tersebut dimakan dan dibagikan kepada tetangga sekitar. Acara makan jamur pun berlangsung dua kali, siang dan malam hari Jumat (14/10/2011).


Namun, pada Sabtu (15/10/2011) malam sekitar pukul 22.00 Wita, warga yang mengonsumsi jamur merasa aneh. Mereka muntah, mual, kepala sakit dan mabuk berat. Mereka yang merasa sakit tersebut adalah warga yang makan jamur tersebut.
Keluarga yang tidak makan jamur dan warga lainnya kemudian membawa para korban ke petugas kesehatan di Puskesmas Doreng. Di Puskesmas Doreng ada yang kritis lalu dirujuk ke RSUD Maumere. Yang dirujuk di RSUD Maumere ada tujuh orang. Sedangkan empat orang di Puskesmas Doreng.


Semua yang dirujuk ke RSUD Maumere mengaku sama, yakni muntah, mual, pusing dan mabuk berat. Kondisi tubuh pun lemah karena banyak mengeluarkan cairan. Petugas medis RSUD Maumere lalu memberikan suntikan anti racun, infus dan obat guna mencegah racun merusaki tubuh para korban.


Pantauan Pos Kupang di RSUD Maumere, ada tujuh pasien yang masih menjalani perawatan di ruangan UGD dan Aula RSUD Maumere. Satu pasien, yakni Paulus Paseng masih lemah termasuk Margaretha Bunga.(poskupang)


www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Makan Hari Jumat, Mabuk Hari Sabtu | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---