Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Monday 6 July 2009

Cerita Dalam Foto, Suatu Pagi di TPI..

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami

Malam merambat pelan mendekati pagi. Perlahan mentari timur mulai memancarkan sinar lembutnya. Pagi yang cerah, secerah harapan semua manusia. Harapan akan kehidupan yang lebih baik. Semua bekerja mengejar waktu. Roda kehidupan yang bergerak tersebut juga nampak terlihat disudut Kota Maumere.  Di sebuah sentral bongkar ikan. Dulunya ditempat ini pernah berdiri pabrik pendingan ikan, PT.Bali Raya.  Namun akhirnya luluh lantak disapuh Gempa Tsunami Flores '92. Setelah pabrik tersebut berhenti beroperasi, berdirilah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) . Dimana semua nelayan yang seharian penuh mencari ikan menurunkan hasil tangkapannya Tengkulak dan papalele membeli dan melepaskannya kepada para konsumen di Kota Maumere. TPI ini tak jauh dari lokasi pertokoan.  Kesibukan perdagangan berhasil direkam oleh www.inimaumere.com.

Sayanganya menurut beberapa papalele ikan, tempat yang seharusnya sentral pertemuan para nelayan dan papalele malah juga diseroboti oleh para konsumen ikan. Terang saja para papalele mengeluh

"Ini sangat merugikan kami para papalele. Seharusnya para konsumen membeli ikannya di pasar-pasar ikan bukan disini. Karena kami akan mengordernya ke pasar-pasar ikan atau langsung ke konsumen," ujar Fendy yang telah lama bekerja sebagai papalele ikan.

Seperti yang kami lihat, banyak masyarakat  konsumen ikan segar memenuhi lokasi tersebut. Pantas saja jika para papalele mengaku kecewa namun mereka juga mengaku tidak bisa berbuat apa-apa.

Ikan-ikan segar yang dijual dengan harga yang bervariasi.  Para papalele telah memiliki jalinan hubungan dengan para nelayan. Ibaratnya papalele ini adalah pelanggan tetap.

Mmmhhh..sambil bertransaksi kita pun bisa menkmati indahnya sunrise dari lokasi ini. Secara psikis kita akan merasa sangat damai  disini. Apalagi pas kembali kerumah membawa ikan-ikan segar untuk diolah jadi apa saja mmmhhh...

Foto-foto diambil Pagi Hari Tanggal 4 July 2009..

Pagi nan indah..





Buruan dibeli Om..

Ikan...ikan....


Kedinginan non...?
.
Ojek perahu..

1..2..3..lompat..
Jangan lupa kembaliannya Om..


Mari saya bantu...

Ati-ati megangnya ya..

Beli dong...beli dong...!!

Tawar menawar harga pas tancap gas..


Beli dong..dari tadi cuma liat doang..

Enaknya...

Papa..dimanakah kau..

Sarapan...sarapan...



www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Cerita Dalam Foto, Suatu Pagi di TPI.. | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---