Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Monday 7 December 2009

Listrik Padam, Cerita Menjelang Malam..

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Disebuah sudut Kota Maumere menjelang malam....

Dede Piter dengan Dede Domi terpaku pada layar kaca. Tivi menjadi satu-satunya hiburan bagi mereka. Apalagi ada siaran pertandingan sepakbola, olah raga yang menjadi kesayangan mereka dua. Jangan tanya ribut gaduh dirumah kecil itu. Pertandingan antara Persija melawan Persebaya untuk sementara dimenangkan Persebaya dengan skor 2 : 1. Dede Piter pegang Persija sedang Dede Domi pegang Persebaya.

“Mama, tambah kopi dua lagi, jangan lupa pisang gorengnya eeeee...” teriak Piter keras-keras. Matanya masih melotot ke layar kaca.
Tanta Mia balas dari arah dapur dengan dongkol,“Nonton terus...lama-lama saya banting itu tivi..orang mo nonton sinetron juga tida bisa...”
“Kaka..mending pi nonton di sa pu rumah saja, satu rumah ada kasih keluar air mata gara-gara sinetron...”usul Domi ke Tanta Mia yang lagi sibuk di dapur.

Brar..Tiba tiba listrik padam.
Terdengar nyanyian sedih para nyamuk kecil..’gelap...terasa gelap dunia ini..bila sinar terang terhalang gedung PLN..”

Gaduhlah seisi rumah kecil itu..

”Bapa..cepat kasih nyala lampu gass..

“Minyak abis...”

“Pi beli kaaa...”

“Suruh Ricky tuh..”

Tanta Mia sambung..”Domi mana?”

“Sudah pulang kasih nyala lampu di dia pu rumah..’

“Lilin mana?”

“Diatas bufet”

Rumah kecil itu mulai benderang dengan sebatang lilin kecil.

“Masih ada beberapa lilin nih cukup buat sampe malam.. kasih tau Ricky biar dirumah saja.."

“Bapa mau kemana?”

“Dengan Domi mau ke rumah Darius..sebentar saja..”

Bersama Domi, melajulah mereka dua menembus pekatnya jalanan Kota Maumere. Hingga akhirnya sampailah mereka dihalaman rumah Darius, beruntung disini listrik tak padam.

“Waaahhhh..tumbennnn kamu dua adik kaka ipar kompak begini....pasti kesini mo cari moke tuh....hehehe..mari masu,” nyletuk Darius menyambut mereka dua.

“Yaa..baguslah kalo ada moke...tapi kami kesini sebenarnya mo nonton bola di tivi, soalnya di kompleks kami listrik mati..”jelas Domi sambil melangkah ke teras rumah.

“Keterlaluan sekali mereka. Mentang-mentang yang punya listrik, kita rakyat kecil menjadi korban”,ujar Darius.

”Bukan kali ini saja listrik padam tapi sudah berlangsung berbulan-bulan rakyat Kabupaten Sikka hidup seperti dijaman purba. Lebih memalukan lagi pada Podafta bulan oktober kemarin saat pertandingan Voli berlangsung ehh tiba-tiba listrik padam berjam-jam. Tau tidak sebagai tuan rumah, wajah orang Maumere ini seperti dipukul berkali-kali oleh yang punya listrik. Benar-benar merendahkan martabat orang Maumere sebagai tuan rumah Pordafta,”sambung Darius. Bagi Domi dan Piter, Darius adalah salah seorang penggemar bola voli yang fanatik.

“Di kompleks kami, listrik padam su menjadi tradisi baba, beruntung kami masih sabar. Asal jangan bertahun-tahun listrik padam begini, kasihan anak-anak kami yang masih sekolah. Mereka belajar cuma pake lilin, bagaimana bisa pintar kalo PLN saja tidak mendukung?”keluh Domi sambil menyeka keringat tipis didahinya. Cuaca Maumere memang lagi panas-panasnya.

Guaaabraaaaakkkkkkkk...!!
Darius memukul meja dengan emosi.Dahinya berkerut.
“Sebagai pengusaha Warnet saya merasa di rugikan secara materi. Sekarang pemasukan dari warnet menipis gara-gara listrik padam. Sekarang cuma bisa menghasilkan setengah dari biasanya, lagian tak ada sama sekali ganti rugi buat kami..benar-benar keterlalauann...”

Tiba-tiba Piter menyahut...”Sabar..sabarrrr....saya dengar ada kerusakan disalah satu mesin listrik mereka, lagian kepala PLN Cabang Flores Wilayah Timur juga sudah bertatap muka dengan DPRD Sikka tapi hasil pembicaraan apa saya juga tida tau.."

“Kau mau tau hasilnya? Hasilnya te begini..listrik padam terussssss...kau nih bela siapa??”hardik Darius dengan darah tinggi ke Piter.

“Tenang baba..jangan marah-marah dulu kaaaa...”bujuk Domi.

“Ahhh sudahlahhh...kita semua ini sudah dirugikan oleh PLN, sekarang apa yang bisa kita lakukan? Tidak ada. Keluhan kita ini siapa yang mau dengar? Kalo dengar juga pasti masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Kita ini cuma rakyat kecil yang tak ada kekuasaan apa-apa. Kita cuma bisa terima apa kata mereka. Mau teriak? Silakan saja, karena listik tak akan menyala. Sabar saja sambil berdoa semoga 2012 cepat datang hehehe..”ujar Piter sambil tertawa sinis.

“Betulllll...dari pada ribut tak ada guna, mending nonton bola lagi ah...Darius buka Tivi dulu..”kata Domi dengan senyum tipis.

Darius baru melangkah tapi tiba-tiba..Brar..listrik padammm..gelap gulita. Cuma terlihat gigi putih milik mereka. Suasana mencekam. Ada teriak kekecewaan dari para tetangga Darius.

“Anjrittttttt....dasar nasib siallll....,”maki Darius.

“Wah PLN..apa dosa kami?”nyeletuk Domi dalam keremangan malam. Beruntung bulan masih menampakan cahaya genitnya.

“Darius kami dua pulang saja eee...sory su buat kau darah tinggi hehehe”pamit Piter dengan senyum bungkus.

“Iya Piter, jangan marah tadi eeee..ini semua gara-gara saya emosi dengan keadaan ini.”

Pulanglah Piter dan Domi kembali kepangkuan rumah tangga mereka. Di jalanan nampak gelap. Cahaya lampu petromak atau lilin remang-remang di sejumlah rumah dipinggir jalan. Keadaan yang membuat kehidupan kota seperti mati suri. Dibeberapa lokasi terlihat anak-anak remaja berkumpul sambil mendendangkan lagu cinta ditemani nyala api unggun. Disudut lain, beberapa remaja ABG bergerombol dengan sepeda motor sambil meraung-raungkan gasnya. Nampak seperti para pembalap liar yang sedang bertaruh.

Kehidupan terus berjalan, entah sampai kapan kegelapan ini berakhir.

www.inimaumere.com


Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Listrik Padam, Cerita Menjelang Malam.. | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---