Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 10 July 2010

Mahasiswa Asal Maumere di Jakarta Bentuk PMMJ

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami

Mahasiswa asal Kabupaten Sikka yang sedang menimba ilmu di Kota Jakarta baru-baru ini membentuk sebuah wadah pemersatu. Perhimpunan ini dibentuk 10 April 2010 lalu dan diberi nama Perhimpunan Mahasiswa Maumere Jakarta atau di singkat PMMJ. 

Salah satu alasan dibentuknya PMMJ berasal dari adanya rasa keprihatinan para mahasiswa karena selama ini tidak ada satu wadah yang menghimpun keberadaan mereka. 

Setelah PMMJ dibentuk, para mahasiswa kemudian melakukan beberapa kegiatan untuk pensosialisasian. Salah satunya dengan melakukan Deklarasi PMMJ yang dilanjutkan dengan Talk Show. 

Talk Show yang bertemakan “Membangkitkan Kembali Generasi Handal Tanah Maumere Yang Lama Tenggelam” menghadirkan beberapa narasumber, seperti Kris Siner Keytimu, Frans Meak, Hery Soba, Romo Yohanes Kristo Tara,OFM dan Enjels Solapung dengan moderator Arnoldus Yanzen Da Gomez. Deklarasi PMMJ bertempat di Kampus Unika Atmajaya Jakarta, Senin ( 5/07/2010).

Pendeklarasian diawali dengan proses arakan penyambutan para pengurus PMMJ periode 2010-2011. Seremoni pembukaan ini erat dengan budaya Sikka, dimana mereka disambut dengan Huler Wair dan Tarian Hegong (tarian tradisional Kabupaten Sikka). 

 “PMMJ merasa perlu menggali potensi dan kebudayaan lokal Kabupaten Sikka agar kita sebagai generasi muda bisa menunjukan jati diri sebagai orang Maumere dengan terus melestarikan kebudayaan lokal yang ada,” ujar Ketua terpilih PMMJ, Yanci Da Rato. 

Pengukuhan Ketua PMMJ Yanci Da Rato dilakukan oleh sesepuh Maumere di Jakarta sekaligus Ketua Dewan Penasehat PMMJ, Kris Siner Key Timu. 

Acara pengukuhan juga diisi dengan Penandatanganan Berita Acara Deklarasi oleh Kris Siner Key Timu ( Ketua Dewan Penasehat PMMJ ), Romo Yohanes Kristo Tara,OFM ( Moderator PMMJ ),Yanci Da Rato, Ketua PMMJ. 

Sebelumnya dilakukan pelantikan Pengurus PMMJ Periode 2010-2011 oleh Ketuanya, Yanci da Rato. Para nara sumber yang hadir dalam TalkShow banyak memberikan masukan dan harapan terhadap PMMJ. Seperti Heri Soba wartawan yang berbicara mewakili generasi muda Maumere berharap agar jangan sampai Perhimpunan Mahasiswa Maumere Jakarta ( PMMJ ) ini hanya bertahan tiga sampai empat tahun saja. 

“Pengelaman saya saat berorganisasi banyak sekali melihat organisasi lokal yang dibentuk tapi tidak bertahan lama, saya berharap agar PMMJ bisa eksis selamanya,” ujar lulusan IPB Bogor ini. 

 Romo Yohanes Kristo Tara,OFM berharap PMMJ dapat menjadi pelopor dalam menggerakan seluruh organisasi lokal NTT yang ada di Jakarta agar bisa duduk dan bekerja bersama untuk perubahan NTT kedepan khususnya di Flores. 

 Dilain kesempatan, Kris Siner Key Timu menegaskan dan berharap kepada semua mahasiswa agar jangan pernah mengidolakan seseorang tokoh. 
Menurutnya pengidolaan ini akan membuat terjadinya sebuah kultus individu. 

“Kita telah belajar dari masa lalu, ini sangat tak baik,” ujarnya. 

 Pembentukan PMMJ ini disambut positip banyak pihak, terutama kalangan mahasiswa asal Kabupaten Sikka di Jakarta. 

Seperti diketahui, mahasiswa asal Kabupaten Sikka menyebar di hampir seluruh kampus-kampus di Jakarta. Sayangnya, sampai dengan PMMJ dibentuk belum pernah ada organisasi yang menaungi keberadaan mereka. 

Hadirnya PMMJ diharap mampu merangkul semua kalangan mahasiswa Sikka di Jakarta dan bekerja bersama-sama dalam bingkai kekeluargaan dan budaya orang Maumere. R

angkaian acara ini ditutup dengan ramah tamah antar keluarga besar Maumere dan diakhiri dengan Soka Toja.

huler wair da tarian hegong di awal acara www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Mahasiswa Asal Maumere di Jakarta Bentuk PMMJ | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---