Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 1 January 2011

Kota Maumere Rayakan Malam Pergantian Tahun

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Berlangsung aman dan Kondusif
Sejumlah masyarakat berkumpul hampir disepanjang jalan, trotoar, halaman rumah dan beberapa tempat lainnya saat mendekati dan melewati malam pergantian tahun. Dari Nairoa, Waioti, Nangameting, Wairotang, Wairbubuk, Penerangan, Kota Baru, Beru, Pertokoan, Kampung Kabor, Madawat, Misir, Kota Uneng, Perumnas, Eltari, Pelabuhan Laut, Waidoko, Wairklau dan daerah lainnya di kota. Mereka melewati malam tersebut dengan penuh kegembiraan dan pesta. Moke, kembang api, pesta dan musik sudah seperti irama lama yang kemudian diputar kembali. Kegembiraan dikota kecil ini seperti tak mati meski tak semeriah di kota-kota lain yang melewati malam tersebut dengan perayaan yang luar biasa. Meski begitu, dikota ini tak ada kemacetan, tak ada bunyi terompet yang saling bersahutan dan ribut. Kegembiraan orang Maumere di tahun baru ini dilewati bersama keluarga, saudara, sahabat, kekasih dan tentu saja musik. Maklum, di Maumere tak ada pusat kosentrasi massa untuk merayakan kegembiraan pergantian tahun seperti di kota-kota lainnya.

Perayaan pergantian tahun dari 2010 ke 2011 di Maumere bisa dikatakan berlangsung aman dan kondusif. Dalam pengamatann kami, dibandingkan dengan tahun lalu, malam pergantian tahun kali ini lebih terkendali. Pawai kendaraan yang biasa menimbulkan kesan liar, urakan tanpa mempedulikan keselamatan pengendara lain bisa dinetralisir. Hal ini bisa dilihat dibeberapa ruas jalan di kota yang biasa dijadikan arena pawai liar. Kepolisian Resort Sikka sendiri menurunkan sejumlah personilnya yang dibantu sejumlah personil dari TNI AL. Mereka berjaga-jaga dibeberapa titik strategis seperti di depan Gelora Samador, Nangameting, perempatan Toko Agung, Eltari dan beberapa tempat lainnya. Bahkan di jalur sepanjang jalan Ahmad Yani, aparat yang menggunakan pentungan berjaga disepanjang jalan. Sedangkan bunyi sirene dari mobil kepolisian yang berputar-putar mengelilingi kota terdengar seperti mencekam. Namun, kesan kondusif yang tak seliar malam pergantian tahun lalu disyukuri banyak orang.

Saat pergantian tahun, kembang api berwarna warni langsung menerangi langit yang gelap. Dari Pelabuhan Laut L. Say, sejumlah masyarakat berkumpul menyaksikan pesta kembang api yang tak henti-henti menghiasi langit. Disejumlah tempat di Maumere juga bisa disaksikan dengan permainan kembang api yang tak putus sampai dengan jam 2 dinihari bersaing dengan bunyi meriam bambu.

Sedangkan beberapa kelompok anak-anak remaja masih saja berupaya melakukan pawai meski pihak kepolisian telah melarang. Kelompok pawai remaja yang tak banyak ini akhirnya harus kucing-kucingan dengan aparat. Sisiran pihak kepolisian di berbagai tempat di Kota Maumere membuat ruang gerak remaja yang berkendaraan liar, urakan dengan bunyi resing yang memekakkan telinga ini tak leluasa. Masyarakat pun melewati malam pergantian tahun dengan lebih aman dari hingar bingar kendaraan yang biasanya ugal-ugalan sehingga berkesan seperti dinegeri tak bertuan.

Sedangkan keesokan paginya, 1 Januari 2011, Kota Maumere terlihat sepi dan langgeng. Kendaraan cuma satu dua yang berseliweran. Sebagian besar toko dan kios tutup. Sampah-sampah berserakan dan dibiarkan terbawa angin.

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Kota Maumere Rayakan Malam Pergantian Tahun | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---