Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Friday 29 April 2011

Blata Tatin Desa Listrik Prabayar

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Jadi Desa Pertama di Indonesia
Kabar gembira bagi warga masyarakat di Desa Blata Tatin, Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka. Desa ini menjadi desa listrik prabayar pertama di Indonesia. Listrik prabayar pertama itu diresmikan Direktur Opreasional Indonesia Timur (OPIT) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pusat, Viktor Sinaga di Dusun Bei, Desa Blata Tatin, Selasa (26/4/2011). Peresmian ditandai penekanan tombol oleh Bupati Sikka, Drs. Sosimus Mitang. Selain meresmikan listrik parabayar di Desa Blata Tatin, PLN juga meresmikan listrik super extra hemat energi (Sehen) di dua pulau di Sikka yakni Pulau Sukun dan Pulau Besar, serta listrik 24 jam di Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende.

Peresmian listrik prabayar dan sehen itu dihadiri Bupati Sikka Drs. Sosimus Mitang, Ketua Badan Anggaran RI, Melkias Markus Mekeng dan Direktur OPIT PLN Pusat, Viktor Sinaga, General Manager PLN Wilayah NTT, Santoso Janurwarsono dan Kepala Cabang PLN Maumere, Andik Novijanto, Sekretaris Kabupaten Sikka, Cypri da Costa dan beberapa pimpinan SKPD Kabupaten Sikka.

Acara dimulai dengan ibadat sabda dipimpin oleh Romo Martin G Kira, Pr. Dilanjutkan pemberkatan meteran listrik prabayar.

Sekitar Pukul 15.00 Wita, Bupati Sikka Sosimus Mitang menekan tombol menandai peresmian listrik prabayar pertama di Indonesia itu. Serentak semua lampu listrik yang menggunakan meteran prabayar menerangi seluruh tenda yang gelap oleh mendung saat itu. Semua undangan yang hadir menyambut dengan tepuk tangan meriah, meski sedang hujan.

Bupati Sosimus menyampaikan terima kasih kepada anggota DPR RI asal Sikka Melkias Markus Mekeng yang telah memperhatikan daerah asalnya. Sebab masuknya listrik ke desa-desa akan membantu kemajuan daerah Sikka ke depan, terutama mutu pendidikan.

"Listrik berdampak banyak bagi kemajuan, terutama pendidikan. Karena itu kita perlu jaga fasilitas ini dengan baik. Jika kalian tidak jaga fasilitas ini, lebih baik kita pindahkan saja ke desa lain," tegas Sosimus mengingatkan warga desa Blata Tatin.

Selain dari sisi pendidikan, jelas Sosimus, listrik prabayar ini juga relatif murah sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Data dari PLN Cabang Maumere menyebutkan, desa-desa di Kabupaten Sikka yang mendapat pelayanan listrik PLN, yaituhDesa Blata Tatin sebanyak 155 kepala keluarga (KK), Desa Meken Detun 142 KK, Desa Kojadoi di Pulau Besar 100 KK, Desa Semparong di Pulau Sukun 100 KK dan Desa Tana Duen 92 KK. (kk/ris/Flores Star)


wwww.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Blata Tatin Desa Listrik Prabayar | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---