Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Friday 30 March 2012

Tolak Kenaikan BBM, BOM Sikka Gelar Aksi

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) juga dilakukan sejumlah elemen mahasiswa di Kabupaten Sikka. Di Maumere, ibukota Kabupaten Sikka, sekitar 100 mahasiswa yang bergabung dalam BOM (Barisan Oposisi Masyarakat) Sikka melakukan aksi unjuuk rasa yang secara tegas menolak kenaikan harga BBM, yang direncanakan akan dilakukan pada 1 april ini. Massa mahasiswa terdiri dari GMNI Cabang Sikka, PMKRI Sikka, LMND Sikka, PRD Sikka dan BEM Universitas Nusa Nipa menuntut pemerintah membatalkan rencana kenaikan harga BBM. BOM Sikka dalam aksinya tersebut sempat berupaya menurunkan bendera merah putih menjadi setengah tiang di halaman Kantor Bupati Sikka sebagai simbol duka cita atas rencana pemerintah. Aksi ini mampu dihalangi petugas kepolisian Polres Sikka
Penolakan terhadap kenaikan harga BBM juga diwarnai dengan pembakaran foto Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono sebagai simbol protes terhadap pemerintah.

BOM Sikka sekitar pukul 09.00 Wita, Kamis (29/3) sempat berdialog dengan dewan dan menuntut sikap tegas DPRD Sikka menolak secara resmi rencana pemerintah pusat menaikan harga BBM.

Longmarch aksi unjuk rasa dimulai dari pertigaan Hotel Permata Sari Wai Oti. Massa elemen mahasiswa kemudian melewati Jalan Ahmad Yani, Kesehatan, Mo'a Toda, Anggrek hingga Jalan Eltari yang menjadi pusat unjuk rasa.
Sepanjang jalan, mahasiswa terus melakukan orasi menolak rencana kenaikan harga BBM.

Dalam pernyataan sikapnya yang dibagikan, selain menuntut pemerintah pusat agar membatalkan rencana kenaikan harga BBM, BOM Sikka juga mendesak mundurnya Pemerintahan SBY-Boediono karena dinilai tidak mampu dan hanya menciptkan konflik baru ditengah masyarakat. BOM juga mendesak dikembalikannya Tata-kelola Migas sesuai dengan ketentuan Konstitusi: Pasal 33 UUD 1945, mencabut UU No.22 Thn 2001 Tentang Migas yang dinilai berbau liberalisasi dan neokolonialis, cabut Perpres No. 55 Tahun 2005 yang menyerahkan harga BBM pada “harga pasar”, nasionalisasi tambang asing, moratorium hutang luar negri, moratorium biaya aparatus negara, naikkan produksi minyak mentah siap jual (lifting) nasional hingga di atas 1 juta barrel perhari. BOM Sikka juga menuntut pemerintah segera melakukan investasi untuk eksplorasi di ladang-ladang minyak atau blok baru.

Selain pernyataan sikap berskala nasional, BOM Sikka mendesak DPRD Sikka dan Bupati Sikka untuk mengadakan operasi pasar murah untuk meredam melonjaknya harga bahan makanan pokok di pasar. BOM juga mendesak DPRD Kabupaten Sikka, Bupati Sikka dan semua SKPD untuk melakukan penghematan APBD Kabupaten Sikka, misalnya tidak menggunakan kendaraan dinas diluar jam dinas serta menyoroti penuntasan kasus-kasus korupsi di Sikka.

Keberadaan para demonstrasn BOM Sikka yang memprotes serta menolak rencana pemerintah menaikan harga BBM mendapat pengawalan dari Polres Sikka. Meski keadaan sempat memanas karena adanya beberapa aksi yang dihalangi petugas seperti upaya mengibarkan bendera setengah tiang. Namun secara umum aksi para elemen mahasiswa yang tergabung dalam BOM Sikka berlangsung aman. BOM Sikka merencanakan akan melakukan aksi serupa penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM hari Sabtu (31/3).

Aksi penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM terjadi disejumlah kota di Indonesia. Berbagai aksi menimbulkan korban luka-luka baik dipihak mahasiswa maupun polisi serta fasilitas umum.

foto: Vicky da Gomez

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Tolak Kenaikan BBM, BOM Sikka Gelar Aksi | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---