Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Tuesday 14 June 2011

Bis Kayu, Potret sebuah Pilihan

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Potret Hari ini: Abaikan Keselamatan Diri

Potret umum di Flores
Mama tua tiga orang bersama dua balitanya seakan-akan sudah terbiasa naik bis kayu (sebutan truk yang dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang). Begitu lincah untuk orang tua seumuran mereka. Nah, foto  hasil jepretan yang diambil ditengah Kota Maumere ini (Jalan Raja Centis) menceritakan suasana saat mama-mama memanjati bis kayu. Mereka tak peduli akan keselamatan diri. Bahkan dengan percaya diri mereka menyeberangi jalan disaat lalu lintas padat. Mereka lantas memanjat dan duduk manis beralaskan bangku yang terbuat dari bahan kayu. Saat memanjat bis kayu tersebut, mereka bahkan tidak takut bahaya mengancam. Kalau jatuh ataupun tersambar kendaraan. Keramaian pertokoan, lalu lintas dan dalam suasana  terburu-buru, sang sopir terus berteriak. Jadilah keselamatan mereka abaikan. Tak ada yang mengingatkan kejadian luar biasa ini. Sejujurnya mereka menaruh nyawa atas atas keputusan mereka. Tapi inilah potret wajah rakyat miskin di Kabupaten Sikka, Flores, NTT.


Kabupaten yang kini ramai diperbincangkan diberbagai media bahkan bisik-bisik tetangga, tentang dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) senilai Rp 10, 7 miliar sesuai temuan BPK Perwakilan NTT menyisakan kegetiran. Andaikata uang tersebut didedikasikan untuk perbaikan sarana angkutan darat ke berbagai pelosok terpencil di Kabupaten Sikka.

Bisa Kayu adalah salah satu sarana transportasi masyarakat desa di Sikka dan Flores umumnya. Dengan membayar sesuai harga, penumpang bisa menikmati pemandangan alam tanpa kaca mobil yang menghalangi dan dibelai angin sepoi-sepoi. Didalam bis kayu, penumpang akan duduk berdesakan dengan barang-barang belanjaan atau hasil bumi, juga hewan-hewan yang akan dijual di kota seperti babi, kambing, anjing, ayam dan lain lain. Rakyat kecil pasrah menerima..

Namun demikian sarana bisa kayu masih menjadi pilihan warga desa. Truk yang dimodifikasi ini bisa leluasa menembus medan pedesaaan. Dengan keadaan topoggrafi Flores yang berbukit-bukit serta kondisi jalan yang sebagian besar masih dibawah standar, menumpang truk kayu adalah pilihan yang tak mungkin di tolak. Inilah potret wajah di Flores..

Foto: Juni 2011

Mau tahu kisah Bis Kayu yang berkelana di sepanjang pedalaman Flores?
Silakan Klik disini.

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Bis Kayu, Potret sebuah Pilihan | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---