Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Tuesday 9 August 2011

Jajanan Buka Puasa di Hasanudin

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami

Ramadhan telah tiba. Biasanya yang terlintas di benak adalah asyiknya buka puasa dengan menu yang segar punya. Buat warga Maumere tentu sudah tidak asing lagi dengan kawasan pemukiman di Kampung Beru. Tepatnya di sepanjang Jalan Hasanudin, Kota Maumere. Kawasan ini setiap ramadhan menggelar jajanan murah meriah namun segar dan menggoda lidah. Itulah yang terlihat akhir-akhir ini di Hasanudin. Meski umat muslim di Maumere adalah minortas, namun saat akan berbuka puasat kesibukan selalu terlihat, terutama di sepanjang jalan Hasanudin. Kawasan Hasanudin di Kampung Beru dihuni mayoritas umat muslim. Mereka mendiami wilayah pesisir pantai ini sejak dahulu kala. Disini pula ada Mesjid Beru At-Taqwa yang berumur tua. Kesibukan saat ramadhan sepanjang tahun di kawasan ini sudah lumrah. Anak-anak kecil, remaja, dewasa dan orang tua asik berbelanja. Mereka menyiapkan bekal untuk berbuka.

Banyaknya pilihan menu berbuka puasa ini ada disini. Menggoda banyak pengunjung untuk datang. Ada sajian manis dan gurih, minuman yang segar dan jajanan lain yang mengandung selera untuk berbuka. Banyak yang membeli untuk dibawa pulang ke rumah. Ada juga yang semula hanya ingin melihat-lihat, lalu jadi tergiur untuk membeli sesuatu.

Bahkan umat non muslim pun ikut nimbrung berbelanja. Seperti Rory yang terlihat bersama rekannya. “Wah, ini su wajib juga buat saya. Soalnya makanannya enak-enak dan segar,” kata Rory, pembeli asal Wai Oti.

Banyak umat muslim dari berbagai daerah di Kota Maumere yang selalu ke kawasan ini setiap jelang petang. Dari berbagai profesi. Kebanyakan adalah warga pendatang dari luar Maumere.

Bagi ibu-ibu setempat yang menjual makanan berbuka puasa, saat ramadhan adalah berkah buat mereka. Mereka tak menyia-nyiakan kesempatan. Makanan yang dijual biasanya ludes. Untungnya lumayan.

Para penjual ini menjajakan berbagai jajanan berbuka seperti es kelapa muda, kolak, es cendol, es buah, kacang hijau, aneka lauk dan lain-lain.

Kendati sama-sama menawarkan sejumlah menu buka puasa, namun memiliki kekhasan masing-masing.

Nah, kalau kalau ada waktu, bagi yang di Maumere nih, bisa mencoba...

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Jajanan Buka Puasa di Hasanudin | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---