Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Tuesday 4 March 2014

Ramai-Ramai Cari Emas di Pantai Sikka

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Warga di Kampung Sikka, Kecamatan Lela, NTT tiga minggu belakangan ini punya kebiasaan baru. APalagi kalau bukan Emas. Dan saat ini kami berada di pantai. Dengan mata kepala sendiri kami menyaksikan bagaimana antusias warga Sikka mengobrak abrik pasir pantai untuk mencari emas yang mungkin terpendam didalamnya.

Air surut sekitar pukul 15.00 Wita. Dan Pantai Sikka khususnya pesisir yang tak jauh dari Lepo Gete berada menjadi ramai sekejap. Mulai dari anak-anak hingga orang tua turun ke lokasi. Air surut merupakan saat yang tepat bagi para pencari emas Kampung Sikka. Biasanya pada kondisi inilah emas-emas tersebut ditemukan. Ada sebagian warga Sikka yang mengapresiasi penemuan serpihan dan potongan-potongan emas sebagai berkat untuk mereka.

Apa saja yang ditemukan sore itu? Dari lokasi Lepo Gete kami mendongak kebawah pantai. Wow! Begitu ramainya. Sebagian besar adaah anak-anak dan kaum perempuan. Menurut mereka. Anak-anak inilah yang sering sekali menemukan emas-emas tersebut.

Penemuan serpihan emas di Pantai Sikka telah diketahui sejak tiga minggu lalu. Kabar tersebut berhembus hingga mencapai Kota Maumere yang berjarak sekitar 28 Km. Kabar yang berhembus memang hanya sekedar kabar. Sehingga akhirnya bersama rekan media dari TV-One dan Flobamora.net kami turun ke lokasi untuk membuktikan kebenaran kabar itu.

Lokasi pencarian emas tidak jauh dari Lepo Gete, Isatana Kerajaan Sikka yang telah berumur ratusan tahun. Radius pencarian dari Lepo berkisar 100 meter. Sehingga pencarian lebih terfokus pada lokasi ini.

Sore itu, 2 Maret 2014 saat kami berada ditengah lokasi pencarian, ada sekita 10 orang yang menemukan emas. Dari potongan emas kecil, lempengan hingga gelang emas dengan ukiran hati yang menawan. DARI MANAKAH BARANG-BARANG TERSEBUT?

Perlu ada penggalian mendalam terkait penemuan barang-barang ini. Banyak yang mengkaitkan penemuan emas tersebut tidak lepas dari keterkaitan sejarah Portugis dengan Lepo Gete.

Menurut Roy da Silva, salah satu keeturunan dari Lepo yang kini tinggal di Jakarta, dalam kolom komentar inimaumere mengatakan menurut cerita,pada jaman Portugis masuk Indonesia, ada berita Konvoi kapal dagang yang di pimpin oleh Thomas Da Gama.


 "Ada kapal yang karam di perairan luar pantai sikka, Thomas da Gama, berlayar ke Timor Deli,sedangkan saudaranya Vasco da gama ke China,lewat alur layar yang sama. Mungkin saja hal ini bisa di gali kembali sejarahnya dan syahdan,kapal yang karam membawah Emas untuk di jadikan alat/uang pada perdagangan jaman itu, utk tahun nya saya tidak jelas," tulis Om Roy.

Lain lagi pendapat dari putra Sikka Valentino. Ia mendengar bahwa dulu ada perahu 'Sope' dari kapitan Doreng yang terbalik saat hendak merapat ke Sikka dalam upacara pemberian belis ke Putri Raja (Putri Fransiska, awal tahun 1900-an). Katanya sope itu mengangkut perhiasan (bahar) yang terbungkus dalam kantung anyaman daun gebang (bokak).

Banyak versi yang berkaitan dengan dari mana asal muasal emas-emas ini. Tentunya perlu ada penelitian lebih lanjut tentang kehadiran barang-barang berharga ini.



www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Ramai-Ramai Cari Emas di Pantai Sikka | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---