Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Monday 29 December 2014

Natal Ditengah Dentuman

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Kota Sepi Saat Natal
Misa Malam Natal yang berlangsung di Kota Maumere sedikit terganggu. Hal ini disebabkan maraknya permainan petasan, kembang api plus meriam bambu. Di hampir semua sudut kota para bocah bermain seperti tak lelah. Langit yang begitu cerah sejak magrib terus dihiasi berbagai kembang api. Di lain sudut tembakan meriam bambu beradu dengan letupan petasan. Sangat ramai sehingga mengganggu konsentrasi peribadatan di sejumlah gereja. Namun umat tetap khusyuk dan terus mengikuti perayaan malam Natal hingga usai.

Di Gereja Katedral St. Yosep Keuskupan Maumere, beberapa umat nampak menggerutu ketika tembakan kembang api yang begitu besar meledak tak jauh dari atap gereja. Begitu pula tembakan meriam bambu yang lancar tak berhenti. Untunnya umat di gereja tua ini tetap tegar dan melanjutkan misa hingga usai.

Uskup Mgr. Kherubim Pareira, SVD yang memimpin misa malam Natal terlihat tetap santai seolah tak terganggu. Dalam kotbahnya, beliau berpesan agar lingkungan keluarga dapat menjadi pusat pendidikan paling terdepan dalam membentuk karakter anak. Ia berharap agar senantiasa dalam kehidupan bermsyarakat umat tetap menjaga nilai-nilai kasih yang telah dibawa dan diwartakan Jesus kepada dunia.

Misal malam Natal di Katedral berlangsung dua kali yakni pukul 17.00 wita dan 20.00 wita. Di depan gereja dibangun dua buah tenda kecil. Dalam perayaan Natal, umat terlihat membludak dan memenuhi halaman luar gereja.

Permainan petasan, meriam bambu dan kembang api bukannya berhenti, malah terus berlangsung hingga tengah malam. Terkesan kota ini mirip kota dalam situasi perang. Dimana-mana letusan terdengar.

Sedangkan saat hari Natal, 25 desember 2014, Kota Maumere tampak sepi. Jalan protokol sepi. Pusat perbelanjaan tutup. Warung-warung makan tutup. Hal ini kontras ketika melihat suasana menjelang Natal. Pusat perbelanjaan dan jalan nampak macet.

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Natal Ditengah Dentuman | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---