Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Wednesday 30 March 2011

Wairterang, Riwayatmu Kini...

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Wairterang. Nama yang akrab bagi sebagian warga Maumere. Tidak salah, karena daerah ini dengan pemandangan pantai dan naturalnya alam sejak tahun 1970-an telah menjadi salah satu tempat menarik yang paling dikunjungi dihari minggu maupun libur. Air segar yang berada di pinggiran jalan, mengalir deras tanpa putus dari pegunungan. Hutan lebat nan hijau masih kita dapati. Dan monyet serta kera berseliweran dijalan tak takut untuk mendekati para pengunjung. Semua bisa dinikmati secara gratis. Kini Wairterang cuma tinggal cerita. Kawanan kera telah pergi, mungkin telah punah. Air segar nan dingin tak lagi mengalir. Pantainya penuh sampah. Dan pasti Wairterang tak lagi menjadi tempat liburan menyenangkan warga Maumere. Namun potensi kawasan ini tak begitu saja hilang bagai debu. Sebuah kapal karam peninggalan jaman kemerdekaan ditemukan di perairan Wairterang. Mengejutkan memang. Bukti sejarah diperairan ini seakan mencolek kenangan pada daerah ini. Memungut daun-daun pantai, membangun istana pasir, membuka lepah dan membiarkan makanan diatas kain dan tikar terkena buih-buih samudera...hmmm..

Disekitar derah ini, berdiri beberapa resort. Maklum, Wairterang merupakan salah satu titik keberangkatan menuju destinasi penyelaman Teluk Maumere yang memiliki pemandangan bawah laut menakjubkan.

Perairan Wairterang berada di Desa Wairterang Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka. Lokasi ini berada pada jalur transportasi jurusan Maumere – Larantuka. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat, baik roda dua maupun roda empat, dengan jarak tempuh kurang lebih 30-40 menit perjalanan dari Maumere. Letaknya kurang lebih 30 km dari Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka.

Secara geografis Desa Wairterang berada pada jalur posisi utara Pulau Flores. Mendekati Desa Wairterang disebelah kiri dan kanan terdapat hutan dan semak belukar. Disebelah selatan jalan raya terpampang perbukitan menghijau. Disepanjang lokasi pinggir pantai teluk ini tumbuh beberapa jenis pohon seperti kesambi, asam, bunut, lamtoro, nila daln lainnya. Sedangkan bagian timur terdapat batu-batu besar. Batu-batu ini merupakan hasil dari letusan Gunung berapi Egon.

Salah satu Resort Dive yang ada dilokasi ini adalah Ankermi Resort. Disamping itu juga terdapat resort-resort lainnya disepanjang perjalanan menuju lokasi kapal karam. Sebut saja misalnya Wodong Beach. Dulu juga didekat lokasi Pantai Wairterang terdapat resort milik orang Perancis. Kini resort tersebut telah lenyap entah kenapa.

Jauh sebelum itu, sejak tahun 1970-an Pantai Wairterang yang berpasir hitam adalah salah satu lokasi menarik yang selalu dipadati pengunjung setiap hari minggu maupn libur untuk menyempatkan diri mandi-mandi dilaut yang tenang tidak beriak. Apalagi dibagian selatan, diseberang jalan raya terdapat bak penampung yang mengalirkan air segar dari pegunungan. Belakangan ini Wairterang menjadi sepi dan jarang dikunjungi orang.(Oss/Eny/Suara Sikka)

Foto : Wairterang (Laurensius Reginaldus)

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Wairterang, Riwayatmu Kini... | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---