Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Saturday 23 June 2012

Pilgub NTT - Pilbup Sikka Serentak 18 Maret 2013

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami

"Kami sudah sepakat menggelar pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Sikka pada hari yang sama. Kalau tidak ada rintangan, pencoblosan surat suara dilaksanakan hari Senin, 18 Maret 2013. Juru Bicara KPU NTT, Djidon De Haan mengatakan hal itu, disela-sela rapat gabungan KPU NTT, KPU Sikka, Pemprop NTT dan Pemkab Sikka, di Ruang Kerja Gubernur NTT, Selasa (5/6/2012). Rapat gabungan itu membahas rencana perhelatan pemilukada gubernur dan bupati yang digelar dalam waktu bersamaan. "Sudah ada kesepakatan bahwa pemilukada gubernur dan pemilukada Bupati Sikka digelar pada hari yang sama. Pendanaan dilakukan bersama. Besarnya dana sedang dihitung," ujar Djidon. Menurut dia, penentuan hari itu sudah mengantisipasi sebelum perayaan Paskah. "Kami sudah hitung semua. Sebelum minggu suci, semua kegiatan sudah selesai," tandas Djidon.



Bila terjadi dua putaran, Djidon memperkirakan penyelenggaraan dilakukan pada 16 Mei 2013. Perhitungan juga dilakukan bila terjadi gugatan di Mahkahamah Konstitusi (MK). Dengan demikian pada akhir masa jabatan sudah bisa dilantik gubernur ataupun bupati terpilih. 

 Menyinggung anggaran pesta demokrasi tersebut, Djidon mengatakan dianggarkan masing-masing pemerint ah. Untuk pemilu kada propinsi, rencananya pemerintah propinsi memberikan hibah Rp 150 miliar. Bagi Djidon, pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada hari yang sama, akan menghemat anggaran. 

Contohnya honor untuk penyelenggara tingkat kecamatan sampai desa akan dibayar satu pemerintah saja. Soal penggodokan undang-undang baru pemilukada, Djidon mengatakan persoalan itu menjadi urusan pembuat undang- undang. Komisi Pemilihan Umum NTT selaku penyelenggara hanya menjalankan tugas sesuai undang-undang yang masih berlaku. 

"Kalau ada undang-undang baru maka KPU akan menyesuaikan," katanya. Bupati Sikka, Sosimus Mitang yang ditemui terpisah menyatakan kesepakatannya pemungutan pemilukada gubernur dan kabupaten yang digelar dalam waktu bersamaan. Cara itu bisa menghemat anggaran. 

 "Dari kesepakatan itu akan ada banyak penghematan. Tapi nanti dibahas item mana saja yang didanai pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten," ujar Sosi. (aly/pos-kupang.com)

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Pilgub NTT - Pilbup Sikka Serentak 18 Maret 2013 | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---