Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Thursday 11 July 2013

Magewaer Tu'ir, Kuliner dari Maumere

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Salah satu kuliner terbaik dari Nian Tana (Kabupate Sikka) adalah Mage Waer alias kuah asam. Olahan bumbu-bumbu pilihan kuah asam selalu membangkitkan selera khas yg menggoda. Jadi jika Anda mampir di Kota Maumere jangan lupa mencicipi kuah asam tersebut. Selain rasa yang membangkitkan selera, kuah asam juga diisi berbagai macam daging ikan. Jeni ikan apa saja bisa diolah sesuai selera. Mau pedis atau tidak. Bisa diatur. Nah, suatu saat saya pernah mencoba rasa kuah asam yang unik. Mungkin baru pertama kali mencoba. Kuah asam alias magewaer tersebut dimasak bukan ditempat biasa. Loh?!

Koki kampung asal Koting bernama panggilan Masto adalah biangnya. Menurut lelaki yang pintar memasak makanan khas daerah Maumere ini mengelolah kuah asam mesti ada seninya. Dan seninya itu mesti beda, unik.
Maka, saat berpetualang ke Kolisia beberapa hari lalu, Masto mempraketkan masakan kuah asam lezat. Gimana tidak coba! Kuah Asam tersebut dimasak didalam bambu dan menggunakan air kelapa muda.
Potongan daging ikan dimasukan bersama bumbu-bumbu penyedap alamiah tanpa satupun penyedap berbahan yang dibeli di kios/toko. Semuanya asli dari alam. Ikan yang telah dipotong-dipotong dan dihaluskan lantas dimasukan kedalam bambu.
Terakhir air kelapa muda dan asam beberapa potong. Lantas bagian bambu ditutup rapat dengan daun pisang sedemikian rupa. Olahan kuah asam dalam bambu kemudian dimasukan kedalam api yang berkobar. Seru!!
Beberapa saat kemuduan, setelah dirasa cukup matang, bambu tersebut diangkat dari api. Kemudian dibuka tutupnya dan bruarrrrrrrrrr....isi dan kuahnya mengepulkan selera yang tiada tara. Enak dan lezat.
Jangan ditanya lagi rasanya, host jejak petualang Ratna Dewi sampe berkeringat menikmati masakan yang enak ini.
Begitu juga teman2 dr Maumere Offroad (MOFF) bersama kami dibibir pantai Waer Nokerua mereguk tiada puas hingga kekenyangan bersama ikan bakar pilihan.
Maknyus-nya masakan ini sesekali memang perlu dicoba (lagi).


Magewair TU'IR (kuah asam dr masakan dlm bambu), cita rasa khas dr Nian Sikka bisa menjadi masakan unggulan utk wisata. Nah, jika berkelana ke Maumere bisa mengontak inimaumere.com untuk mencoba masakan magewaer dengan dimasak langsung oleh Koki Masto, gimana?

www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: Magewaer Tu'ir, Kuliner dari Maumere | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---