Selamat Datang di Maumere...

SELAMAT BUAT PAKET AN-SAR (YOS ANSAR RERA-P.NONG SUSAR) yang dipercayakan masyarakat Kabupaten Sikka sebagai BUPATI dan WAKIL BUPATI SIKKA 2013-2018..
Pemandangan di Kolisia, Kecamatan Magepanda

Tuesday 11 August 2015

KOJA DOI SAMBUT KEMERDEKAAN

Maumere adalah Ibukota Kabupaten Sikka, terletak di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Maumere berada di pesisir Pantai Utara(Pantura)Flores dengan Bandara Frans Seda serta Pelabuhan Laut L.Say sebagai pintu gerbangnya. Lewat inimaumere.com Anda bisa menjelajahi Kabupaten kecil ini, epang gawan (terima kasih) telah berkunjung... Kontak Kami
Dusun Koja Doi yang berada di wilayah kepulauan Teluk Maumere mulai geliat menyambut peringatan HUT Kemerdekan RI yang ke-70. 
Nampak dominasi warna merah dan putih memenuhi setiap jengkal wilayahnya. 

Koja Doi merupakan sebuah pulau mungil yang terletak berdekatan dengan Pulau Besar. Ia termasuk dalam wilayah Desa Koja Gete, Kecamatan Alok Timur. 
Pulau Koja Doi dan Pulau Besar dihubungkan sebuah jembata batu buatan warga sepanjang 600 meter. Jembatan ini sangat bermanfaat bagi warga kedua pulau.

Kami menjejakkan kaki di pulau Koja Doi sekitar pukul 14.00 Wita, hari Kamis 6 Agustus 2015. Sempat teperanjat kami disuguhi sesuatu yang menghentak rasa nasionalisme. Hampir di sepanjang lorong atau gang, dominasi merah putih nampak semarak. Umbul-umbul berkibar laksana bendera kemenangan, tiang kayu mengangkasa bersama bendera merah putih tinggi menjulang kelangit biru. Pagar-pagar rumah warga ditata sejenis dan rapi dibalut cat merah dan putih. Di beberapa titik, gapura berdiri gagah. Nampak beberapa anak muda menyambut ramah dan memberikan teguran akrab.

Di tengah goyangan angin laut dan aktivitas beberapa nelayan, sekelompok pelajar bergerak rapi dalam satu irama barisan. Mereka merupakan gabugan pelajar SMP dan SMK dibawah komando tiga anak muda sebagai instruktur pengibaran merah putih tepat 17 agustus nanti. Uniknya, para pelajar tersebut akan mengibarkan merah putih di atas laut. Formasi 17 dan 8 menggunakan perahu dayung akan bergerak dari bibir pantai menuju pusat pengibaran yang berada di laut.

Pengibaran di laut mendapat dukungan dari Camat Alok Timur Frando da Lopez serta akan diliput berbagai media cetak dan elektronik. 

Dusun Kojadoi merupakan sebuah pulau dengan mayoritas penduduk bermatapencaharian nelayan. Di pulau ini hanya ada sebuah sekolah SMP. Kebanayakan mereka beretnis Tidung Bajao, sebuah etnis di wilayah Kabupaten Sikka, NTT.


www.inimaumere.com

Artikel Terkait



 

© 2007 MaUmErE oF FlOrEs: KOJA DOI SAMBUT KEMERDEKAAN | Design by MaUmErE Of FlOrEs







---[[ KeMbAlI kE aTaS ]]---